Wednesday, April 17, 2019

KOMPUTER & JARINGAN DASAR

EVALUASI

1. Apakah yang dimaksud dengan Telnet?

          Telnet adalah (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area  Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.


2. Apakah yang dimaksud dengan SSH?

          SSH (Secure Shell) adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus didukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH Server dari sisi komputer server dan SSH Klien untuk komputer penerima (klien).


3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan TCP/IP?

          Kelebihan TCP/IP : 
  1. TCP/IP adalah protokol yang bisa diarahkan. Artinya ia bisa mengirimkan datagram melalui rute-rute yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada jaringan, serta dapat membantu jika jaringan mengalami kegagalan, TCP/IP dapat mengarahkan data melalui jalur lain.
  2. Memiliki mekanisme pengiriman data yang handal dan efisien.
  3. Bersifat open platform atau platform independent yaitu tidak terikat oleh jenis perangkat keras atau perangkat lunak tertentu.
  4. Karena sifatnya yang terbuka, TCP/IP bisa mengirimkan data antara sistem-sistem komputer yang berbeda yang menjalankan pada sistem-sistem operasi yang berbeda pula.
  5. TCP/IP terpisah dari perangkat keras yang mendasarinya. Protokol ini dapat dijalankan pada jaringan Ethernet, Token ring, X.25, dan bahkan melalui sambungan telepon.
  6. TCP/IP menggunakan skema pengalamatan yang umum, maka semua sistem dapat mengirimkan data ke alamat sistem yang lain.
          Kekurangan TCP/IP : 
  1. Jika mengirimkan data yang kecil akan kerepotan karena harus handshaking   dulu,    sehingga lebih lambat dari pada UDP
  2. Tidak bisa broadcast, soalnya TCP ini sifatnya one to one, jadi ya kalau mau kirim satu-satu gitu.


4. Sebutkan protokol apa saja yang ada pada OSI Layer?

      Protokol yang ada pada OSI layer : 
  • IP (Internetworking Protocol)
  • ARP (Address Resulation Protocol)
  • RARP (Reverse Address Resulation Protocol)
  • ICMP (Internet Control Message Protocol)
  • IGMP (Internet Group Message Protocol)
  1. Aplication
  2. Presentation
  3. Sesion 
  4. Transport 
  5. Network 
  6. Data Link
  7. Physical


5. Bagaimanakah implementasi pada protokol OSI?

           Jaringan diorganisasikan sebagai suatu tumpukan lapisan (layer). Tujuan tiap lapisan adalah memberikan layanan kepada lapisan yang berada di atasnya. Misal lapisan 1 memberi layanan terhadap lapisan 2. Masing-masing lapisan memiliki protokol. Protokol adalah aturan suatu "percakapan" yang dapat dilakukan. Protokol mendefinisikan format, urutan pesan yang dikirim dan diterima antar sistem pada jaringan dan melakukan operasi pengiriman dan penerimaan pesan. OSI atau open system interconnection hadir sebagai model arsitektur yang dikembangkan oleh ISO.


6. Sebutkan perbedaan HTTP dengan HTTPS?

- HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol jaringan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia.

- HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP yang dilapisi SSL/TLS, sebagai protokol komunikasi data di World Wide Web. Dengan protokol HTTPS memungkinan komunikasi data antara web klien dan web server terenkripsi. Port yang digunakan pada HTTPS adalah 443.

Wednesday, March 20, 2019

SISTEM KOMPUTER

SOAL & JAWABAN

1). Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Perangkat Eksternal Pada Computer ! 

Perangkat Eksternal atau peripheral adalah perangkat tambahan yang berfungsi untuk memasukan suatu input ke dalam komputer yang di gunakan oleh user.

2). Jelaskan Pengertian Perangkat Peripheral !

Perangkat Peripheral (Computer Peripheral Device) adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukkan dan mendapatkan informasi ke/dari komputer.
Perangkat ini biasanya terhubung ke komputer, akan tetapi bukan merupakan perangkat inti dari komputer. Jadi apabila perangkat Peripheral tidak dihubungkan dengan komputer, komputer masih bisa menjalankan fungsi - fungsinya.

3). Sebutkan apa Sajakah Yang Termasuk Perangkat Eksternal !
  • RAM
  • Hardisk 
  • MotherBoard
  • CPU
  • Power Supply
  • Keyboard
  • Mouse
  • Speaker
  • Printer
4). Sebutkan Apa Sajakah Yang Termasul Perangkat Internal !
  • CPU (central processing unit) disebut juga memori
  • RAM (random access memory)
  • BIOS (basic input output system) atau ROM
  • Chipset
  • VGA
5). Apa Perbedaan Perangkat Eksternal Dan Internal !

Kalau Perangkat Eksternal /Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel. 
Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

Contoh : Monitor, Keyboard, Mouse, Printer, Scanner, Modem dll.







Sedangkan Perangkat internal adalah hardware yang berada dalam komputer.

Contoh : ROM (Read Only Memory), RAM, Cache Memory, Hardisk, Disket.




Thursday, March 14, 2019

TUGAS BAHASA INDONESIA

BAHASA INDONESIA


TUGAS AUTOBIOGRAFI


Nama Saya adalah Mulia AdiJaya biasanya dipanggil Mulia. Saya lahir di Jakarta pada tanggal 30 Maret 2003. Saya Anak Kedua dari dua bersaudara. Kakak pertama saya Laki-Laki dan saya anak kedua dari dua bersaudara. 
Saya Telahir dari seorang Ibu yang bernama Ibu Cici Sunarsi Qomarya dan Ayah Saya bernama Ahmad Susanto. Saya dibesarkan di Jakarta dengan kedua orangtua saya disana dengan penuh kasih sayang dari orang-orang di sekitar saya.

Kakak/Abang saya bernama Roymon Angga Afdana yang saat ini bekerja di Babershop.      Jarak antara kelahiranku dengan kakak/abang saya adalah 9 tahun. Kakak pertama saya lahir pada tahun 1994, sedangkan saya terlahir pada tahun 2003.

Saya dibesarkan oleh keluarga yang bukan berasal dari keturunan darah biru. Ayah dan Ibu ku berasal dari keluarga sederhana yang dimana orangtua beliau atau kakek nenek ku adalah seorang petani. Namun, dengan kehidupan yang sederhana ini kami tidak pernah merasa malu atau gengsi karena banyaknya harta tidak akan bisa membeli kebahagian.

Meskipun dari keluarga sederhana Ibu saya mampu membiayai anak-anaknya sampai lulus sekolah. Kami tidak pernah meminta apapun kepada orang tua kami yang kami rasa kurang penting. ibu saya senantiasa mengasihi kami dan selalu memberikan yang terbaik untuk anak- anaknya. Kami tidak tahu harus membalas seberapa besar untuk ketulusan beliau selama ini. Kami sangat menyayangi beliau. Beliau lah yang mengenal kan pada kami betapa indah hidup dan banyak hal yang mesti kami syukuri. Saya tidak pernah menyesal hidup sederhana karena selalu ada beliau yang tidak pernah berhenti men- support kami. 

Saya pertama kali Sekolah Dasar di SDN 22 PAGI. Ketika saya masuk Sekolah Dasar, disitu saya diperkenalkan yang namanya belajar menulis. Dari situ saya mulai belajar menulis nama saya sendiri. Ketika saya sudah kelas 6 SD saya merasakan UN (Ujian Nasional) yang dimana Ujian tersebut dapat menambah pengalaman saya.

Setelah 6 tahun Sekolah Dasar, Saya Masuk SMPN 167 Jakarta yang jarak sekolahnya lumayan dekat dari rumah saya. Setelah 3 tahun saya belajar di SMPN 167 dan tentu menambah pengalaman saya. Setelah SMP Saya melanjutkan ke SMKN 50 Jakarta. Disini saya masih Kelas X Multimedia Jakarta. Di Sekolah ini saya mencari bakat dan minat dalam hidup saya. Jurusan Multimedia ini jurusan yang baru atau pertama yang ada disekolah ini.   Sebelumnya Jurusan Disekolah ini hanya Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Akutansi. Disini saya mendapatkan teman baru dan kelama-kelamaan saya terbiasa di Jurusan Multimedia ini.                 
                                                                                                                                
 Itulah Kisah Perjalanan Saya Menuju Sekolah ini.                 
                                                                        
   Mungkin Jurusan Multimedia ini akan mengukir sejarah untuk SMKN 50 Jakarta.

SIMULASI DIGITAL

SCHOOLOGY

Pengertian Schoology
    Schoology adalah jejaring sosial berbasis web khusus untuk K-12 (sekolah dan lembaga pendidikan tinggi) yang difokuskan pada kerjasama, untuk memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. E-learning ini juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa di sekolah.

Kelebihan Schoology

1) Stay Connected 
Guru dapat mengirim pembaharuan ke course, group serta pesan pribadi dan memberikan umpan balik pada siswa, dan mengatur acara dengan antarmuka intuitif Schoology pada perangkat mobile mereka.

2) Extend Class Time
Siswa dapat melihat pelajaran secara online, berkolaborasi dengan rekan – rekan mereka dan dapat belajar secara mandiri melalui perangkat mobile mereka yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

3) Manage on the Go
Melalui Schoology guru dapat dengan mudah mengabsen,membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah siswa serta menilai hasil pekerjaan tersebut. Selain itu melalui Schoology guru dapat memberikan umpan balik pada siswa melaui perangkat mobile mereka.

4) Leverage IOS and Android Devices
Schoology merupakan aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis iOS maupun Android. Aplikasi ini juga memiliki pemeberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu.

Fitur-Fitur Schoology

1. Courses (Kursus)
Yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misalnya mata pelajaran Matematika, 
Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle.

2. Groups (Kelompok)
Yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di Facebook. 

3. Resources (Sumber Belajar)

Wednesday, February 20, 2019

SISTEM KOMPUTER

Informasi Tentang Peripheral Eksternal


Pengertian Peripheral  
    Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer,                              biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral        wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak          dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.

    ✢ Peripheral Utama (Main Peripheral)
        Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. 
        Contoh Peripheral utama yaitu : monitor, keyboard, dan mouse.

    ✢ Peripheral Pendukung (Auxillary Peripheral)
        Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi 
        diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contoh yaitu ; Printer, Scanner, modem, web cam 
        dan lain-lain.

Peripheral Input 

    A. Keyboard 
        Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data
        dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter
        khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah 
        lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
        Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, 
        usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :

  1. QWERTY
  2. DVORAK
  3. KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
  1. Typewriter Key
  2. Numeric Key
  3. Function Key
  4. Special Function Key.
    B. Mouse 
         Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk 
         perpindahan pointer atau kursor secara cepat.



    C. Touchpad
         Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu
         dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai 
         pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu 
         pointing stick dan trackball. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat 
         dibanding dengan keyboard. 



    D. Light Pen
        Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
        gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
        sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja 
        dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.



   E. Joy Stick dan Games Paddle
        Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya 
        berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi 
        terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak 
        suatu objek dalam komputer.



   F. Barcode
       Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk 
       membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang
       kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya 
       menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.


  G. Scanner 
       Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin 
       gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori
       komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner 
       ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat 
       dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor 
       terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian
       dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. 
       Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk 
       mendeteksi lembar jawaban komputer. 


  H. Mikropon dan Headphone
       Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
       disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan
       mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang 
       kita inginkan pada saat chating.


  I. Graphics Pads
     Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah,
     mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
     merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.



✦ Peripheral Output 

    A. Monitor
         Monitor adalah periferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang
         sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada user.
         Secara umum, monitor terdiri atas dua jenis yaitu LCD Monitor 
         (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang 
         paling baik digunakan adalah jenis LCD karena memiliki radiasi sinar yang lebih
         rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan CRT.


    B. Printer
        Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data pada dokumen
        yang biasanya berupa kertas. Printer sekarang, bukan hanya sebagai penetak
        dokumen saja, namun sudah dilengkapi dengan scanner dan alat lain seperti 
        card leader, LAN an sebagainya. Printer terdiri atas beberapa jenis yaitu Buble Jet,
        Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari sekalian jenis printer tersebut
        yang memiliki kecepatan cetak paling tinggi adalah Laser Jet yang menggunakan 
        Toner sebagai "Tinta". 


    C. Plotter
         Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan
         output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan
         plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan
         secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan
         gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan
         efek dari segala kegiatan yang ada.



    D. Speaker 
         Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan
         output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer
         agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer. Speaker adalah 
         peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan output
         berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa
         menerima hasil proses berupa suara dari komputer.Speaker adalah peralatan output
         pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. 
         Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima 
         hasil proses berupa suara dari komputer.

Tuesday, February 19, 2019

DASAR DESAIN GRAFIS

Tutorial Shaping Di Adobe Ilustator 


Pertama Pastikan Kalian Memiliki Aplikasi Adobe Ilustrator Mau CC Atau CS Sama Saja, Disini Saya Menggunakan Adobe Ilustrator CS6 .

Langkah Pertama Kalian Klik File Terus Klik New, Setelah Itu Jadi Seperti Ini 



Kedua Klik Rectangle Tool 



Setalah Itu Buat Rectangle Tool Dengan Ukuran 1560 px x 1560 px. 
Setelah Sudah Buat Kemudian Masukan Ke Dalam Layar Pertama Dan Kasih Warna Dengan Menggunakan Kode Warna #2E204A. Dan Hasilnya Seperti Ini. Setelah Sudah Digabungkan Ke Layar Pertama Hasilnya Akan Seperti Ini.



Kemudian Klik Ellipse Tool Dan Pilih Ukuran Seperti Ini 




Setelah Sudah Dipilih Ukuran Itu dan Hasilnya Akan Seperti Ini 



Hasil Yang Ini tinggal Di copy terus di paste in place berkali - kali dan hasilnya akan seperti ini.



Pilih Rounded Rectangle Lalu Klik ke layar dan pilih ukuran 612 px dan 52 px serta radius nya 100 px.



Pilih Lagi Rounded Rectangle, Lalu klik layar. Setelah klik layar pilih ukuran nya 650 px dan 54 px dengan Radius 100 px.



Setelah itu hasilnya jadi seperti ini, dan tinggal Gradasi Dengan Warna Kesukaan Kalian 



Ini Hasil Dari Penggabungan Dari Beberapa Gradient Dan Hasilnya Seperti Ini




Itulah Hasil Dari Tutorial Shaping Yang Saya Buat, Jadi Itu Semua Hanya Tinggal Di Gradasi Warnanya Dan Hasilnya akan menjadi seperti itu.

Sunday, February 17, 2019

Programan Dasar


Analisis Tentang Array & Penyimpanan Pada Memory 

Pengertian Array
Array adalah sebuah variable yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (Memiliki tipe data sama).Hal ini berbeda dengan variable biasa yang hanya mampu menampung satu buah nilai.Setiap nilai yang disimpan didalam Array disebut dengan elemen array,sedangkan nilai urut yang digunakan untuk mengakses elemennya disebut dengan indeks array.Sebagai contoh, misalkan terdapat array A yang memiliki 10 buah elemen nilai yang bertipe integer.

Deklarasi Array 
Array juga dideklerasikan di dalam bagian deklarasi variable.Bila akan didefinisikan sebagai tipe bentukan,maka array juga akan dideklerasikan di bagian definisi tipe (di bawah kata kunci type).Dalam bahasa pascal,pendeklarasian array dilakukan dengan menggunakan kata kunci array dan tipe data yang akan disimpan didalamnya,selain itu juga harus disertai dengan batas-batas indeksnya yang diapit oleh tanda bracket ([ ]).Berikut ini bentuk umum pendeklarasian array.

Var
A;array[1..10]of integer; 

 Pada kode tersebut,indeks array diulai dari satu.Perlu di perhatikan bahwa bahasa pascal berbeda dengan bahasa C yang indeks-arraynya selalu dmulai dari nol.Pada bahasa pascal,indeks array dapat dimulai dari bilangan berapapun.

Var
A1:array[0..9] of integer
A2;array[5..15]of integer
A3:array['a'..'j']of integer
A4:array['A'..'J'] of integer 

Mengakses Elemen Array 
Setelah mengetahui cara pendeklarasian array,selanjutnya kita harus mengetahui bagaimana cara untuk memanipulasi array tersebut.Langkah pertama adalah mengisikan nilai kedalam elemen-elemen array bersangkutan.

Penyimpanan Pada Memori 
Array dapat digunakan untuk menyimpan data yang cukup banyak namun memiliki type yang sama,Bagaimana array melakukan penyimpanan datanya dimemori komputer? Illustrasi array satu dimensi.

Contoh : Pada memori komputer adalah sebagai berikut:Array menyimpan data secara berurutan pada memory komputer.Sekali array dideklerasikan,maka akan di alokasikan sejumlah tempat di memory komputer yang selal letaknya berdekatan.Array memiliki indeks dan nilai data itu sendiri.Sedangkan jarak antar elemen padaaray disesuaikan dengan lebar data untuk masing-masing tipe data array.

https://keeptamvan.blogspot.com/2015/09/array-dalam-stuktur-data-pemograman.html


Wednesday, February 13, 2019

SISTEM KOMPUTER

Skema Mikroprosesor Pada Sistem Komputer 


Sistem Mikroprosesor 

Sistem Mikroprosesor dapat dipahami dari dua kata pembangunnya yaitu :

Sistem adalah gabungan dari beberapa elemen atau komponen yang membangun suatu fungsi tertentu.

Mikroprosesor adalah sebuah komponen rangkaian terintegrasi (IC) mikroelektronika dalam paduan sekala yang sangat besar yang di di desain bekerja sebagai pusat pengolah data digital yang lebih dikenal dengan sebutan Central Processing Unit (CPU)
.
Jadi Sistem Mikroprosesor adalah gabungan dari beberapa komponen dalam hal ini Memory Unit, Input, Output Unit, dan CPU yang bekerja sebagai pengolah data elektronik digital. Sebuah mikroprosesor agar dapat berfungsi memerlukan sebuah sistem yang disebut sistem mikroprosesor.

Komponen utama sebuah sistem mikroprosesor tersusun dari lima unit pokok : 
unit mikroprosesor atau Microprocessor Unit ( MPU) atau CPU, unit memori baca atau Read Only Memory (ROM), unit memori baca tulis atau Read Write Memory (RWM), unit masukan keluaran terprogram atau Programmable Input Output(PIO) dan unit detak/Clock.


  • Microprocessor Unit Tersusun dari tiga bagian pokok yaitu : 
  1. Control Unit (CU)
  2. Arithmetic Logic Unit (ALU)
  3. Register Unit (RU)
  • Sebagai CPU,MPU bekerja dan melakukan fungsi dasar yaitu fungsi logika dan aritmatika
  • MPU juga melakukan fungsi pengalihan data dengan menggunakan perintah MOV,atau LOAD,EXCHANGE,PUSH,dan POP.
  • Penyimpanan program dan data memerlukan MEMORI terutama memori program dalam ROM.


Sistem Bus 
  • Mikroprosesor berkomunikasi dengan unit memori,unit I/O menggunakan saluran yang disebut dengan BUS
  • Setiap mikroprosessor dilengkapi dengan tiga busa yaitu,Busa Data,Alamata,Kendali.
  • Data bus terdiri dari 8,16,32,64 atau lebih saluran paralel
  • CPU membaca/menulis data lokasi memori,port (melalui saluran bus data)
  • Mikroprossesor standar memiliki saluran bus data 8 bit dua arah artinya alih data atau informasi berlangsung pada 8 saluran paralel dari MPU ke unit lain diluar MPU atau dari unit lain di luar ke MPU
Addres Bus
  • Untuk menetapkan kemana data itu dikirim atau dari mana data itu diambil digunakan bus alamat
  • Bus alamat bertugas menetapkan dan memilih satu lokasi memori atau satu lokasi I/O yang hendak di akses
  • Bus alamat terdiri dari 16,20,24,atau lebih saluran sinyal paralel
  • Pada saluran CPU mengirim alamat lokasi memori yang akan ditulisi atau lokasi memori yang akan dibaca.
Control Bus
  • CPU mengirim keluar atau menerima sinyal kendali melalui saluran bus kendali
  • Bus kendali adalah seperangkat bit pengendali yang berfungsi mengatur,Penyerempakan memori,penyerempakan I/O,penjadwalan MPU,Interupsi,DMA,Pembentuk clock,dan reset
 Memori 
  • Pemakaian memori memeiliki 2 tujuan,menyimpan kode biner untuk instruksi yang disebut dengan program.
  • menyimpan kode biner data selama komputer bekerja.
 Input/Output I/O 
  • piranti yang digunakan untuk interface bus komputer ke peralatan luar disebut port
  • Merupakan bagian yang memungkinkan komputer untuk mengambil data dari luar atau mengirim data keluar
 Central Processing Unit (CPU)
  • CPU bekerja mengendalikan operasi komputer
  • CPU mengambil kode biner instruksi dari memori
  • CPU juga memiliki bagian penting yang disebut dengan Control Unit yang bekerja membangkitkan sinyal kendali.

hmadfikrikamali.blogspot.com/2013/07/blo0k-diagram-sistem-mikroprosesor.html




KOMPONEN MIKROPROSESOR

Mikroprosesor terdiri dari beberapa bagian : 
  1. Register, berfungsi untuk sebagai tempat penyimpanan sementara data, alamat, kode instruksi dan bit status berbagai operasi mikroprosesor.
  2. ALU (Algorithm and Logic Unit), berfungsi untuk mengerjakan perintah – perintah logika dan operasi aritmetika.
  3. Timing and Control Unit, berfungsi untuk mengambil dan mendekodekan instruksi dari memori program dan membangkitkan sinyal kendali yang diperlukan oleh bagian lain dari mikroprosesor untuk melaksanakan instruksi tersebut
FUNGSI MIKROPROSESOR

Fungsi utama Mikroprosesor adalah sebagai unit yang mengendalikan seluruh kerja sistem mikroprosesor. Beberapa fungsi lain dari mikroprosesor, antara lain :
  1. Mengambil instruksi dan data dari memori.
  2. Memindah data dari dan ke memori.
  3. Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
  4. Menyediakan pewaktuan untuk siklus kerja sistem mikroprosesor.
  5. Mengerjakan fungsi – fungsi operasi logika dan aritmetika.




Sumber : http://revolusi-arman.blogspot.com/2008/10/sistem-dasar-mikroprosesor.html


http://blog.ub.ac.id/fiqi/2011/02/24/pengertian-mikroprosesor/

Wednesday, February 6, 2019

SIMULASI DIGITAL

KONSEP KEWARGAAN DIGITAL 


A. Kewargaan Digital
     Kewargaan Digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Atau juga dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi.

B. Konsep Kewargaan Digital
     Konsep Kewargaan digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar memiliki banyak implikasi, pemilihan kata yang berkomunikasi, tidak menyinggung pihak lain dalam update status, tidak memberikan informasi penting kepada publik, tidak membuka tautan yang mencurigakan, dan lainnya.

C. Komponen Kewargaan Digital 
    Komponen kewargaan digital dibagi menjadi 3 yaitu : 

1). Lingkungan Belajar
  • Akses digital, setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi, tapi tidak setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan teknologi.
  • Komunikasi digital, setiap warga diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi dan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.
2). Lingkungan Sekolah
  • Etiket digital, dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan dan kenyamanan pengguna lain.
  • Keamanan digital, setiap warga supaya dapat menjaga dan berhati-hati dalam penyimpanan informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3). Kehidupan Luar Lingkungan Sekolah
  • Transaksi digital, setiap penjual dan pembeli secara online harus mengetahu kelebihan dan resiko transaksi secara online.
  • Hukum digital, mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat.
  • Kesehatan digital, ada beberapa hal yang bisa mengancam kesehatan setiap warga digital (baik fisik maupun mental) di balik manfaat teknologi.
D. Manfaat Mempelajari Kewargaan Digital
  1. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan TI.
  2. Mengekspresikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi, ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya. Tapi, sifat dunia maya yang tidak mempertemukan individu-individu tersebut maka secara tidak langsung mendorong makin menipisnya bahkan hilangnya norma-norma sopan santun, rasa tanggung jawab, dan etika saat berkomunikasi.

"Modul Human Resources Rekrutmen Pegawai" Pada Aplikasi Odoo

Perkenalkan kami dari Kelompok 3, yang beranggotakan sebagai berikut; Nama                                                               NIM...